Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan

Struktur Kepemimpinan & Aparat Desa



Desa Kwanyar Barat dipimpin oleh seorang Klebun (Kepala Desa) yang dipilih melalui pemilihan umum. Tugas Klebun sendiri sama halnya dengan kepala desa pada umumnya. Di Desa Kwanyar Barat, struktur pemerintahan desa terdiri atas klebun dan carik (Sekretaris Desa) yang bertugas untuk membantu administrasi masyarakat. Struktur kepemimpinan Desa Kwanyar Barat tidak bisa lepas dari struktur administrative pemerintahan pada level diatasnya. Hal ini dapat dilihat pada struktur bagan diatas dimana kepala desa menempati posisi tertinggi disusul dengan pejabat administrative yang lain. Pelayanan umum pemerintahan desa kepada masyarakat terbilang cukup memuaskan.
Dalam beberapa sesi wawancara singkat dengan responden acak, rata-rata dari mereka mengungkapkan bahwa perangkat desa memberikan bentuk pelayanan yang baik dalam hal pengurusan administrasi. Salah satu contoh implementasi adalah ketika kebijakan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik dan seumur hidup (e-KTP) yang dilayani dengan cepat dan transparasi penuh. Masyarakat juga menuturkan bahwa pengurusan surat-surat penting lahinya seperti akta kelahiran dan akta kematian juga ditangani dan dilayani dengan sangat baik dan ini merupakan sebuah prestasi yang menempatkan prestasi tertinggi bagi perangkat desa karena mampu memberikan pelayanan maksimal pada masyarakatnya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
  • ()

Label

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.