Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan

Bakti Untuk pendidikan Kwanyar Barat



Kwanyar Barat – Pendidikan merupakan salah satu salah satu nawa cita atau agenda prioritas pemerintah yang saat ini menurut Komnas Ham sedang dalam dalam kondisi darurat. Kondisi darurat yang dimaksud ialah sampai saat ini masih sering terjadi pelanggaran Hak Asasi Manusia. Hak yang di langgar antara lain ha katas pendidikan, hak memperoleh keadilan, hak untuk mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan dan ha katas hidup (Data Komna Ham April 2018). Selanjutnya ranking pendidikan di Indonesia sangat buruk. Di Asia Tenggara Pendidikan Indonesia berada di Ranking 5 di bawah Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia dan Thailand.
Selain itu penyebaran pendidikan yang ada di Indonesia belum menyebar sepenuhnya ke seluruh pelosok yang ada di Indonesia. Hal ini terbukti pada apa yang terjadi di SDN Kwanyar Barat 2. SDN Kwanyar Barat 2 berada di Desa Kwanyar Barat Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan Madura Jawa Timur hanya memiliki 5 guru dengan 1 kepala sekolah. Bisa di katakan bahwa SDN Kwanyar Barat 2 kekurangan tenaga pengajar. Sehingga untuk pengabdian dalam bidang pendidikan kami Kelompok 6 KKN Universitas Trunojoyo Madura memilih untuk mengajar di SDN Kwanyar Barat 2 selama beberapa hari. Selain itu kami juga menemukan beberapa siswa yang masih kurang lancar dalam membaca padahal seharusnya sudah bisa membaca dengan lancar. Disini kami merasa sedih karena kami sebagai Mahasiswa yang memiliki fungsi sebagai agen of change selama ini tidak pernah berfikir akan pendidikan anak-anak pesisir. Namun dengan adanya program kerja pengabdian di sekolah ini kami berusaha sebaik mungkin untuk membantu anak-anak yang masih belum bisa membaca.  
Kami yang memang berasal dari berbagai jurusan dan diantara kami tidak ada yang berasal dari jurusan pendidikan awalnya mengalami kesulitan dalam mengatasi anak-anak SDN Kwanyar Barat 2 tersebut. Namun hari demi hari kami mampu menyusaikan dan memahami setiap karakter yang ada pada anak-anak tersebut. Tidak mudah untuk mengajar anak sekolah dasar, butuh kesabaran dan ketelatenan yang ekstra begitulah yang kami rasakan selama kami mengajar di sekolah dasar tersebut.
Namun dengan pengabdian ini kami berharap semoga ilmu yang kami bagikan kepada anak-anak SDN Kwanyar Barat 2 ini bisa bermanfaat untuk kedepannya. Semoga SDN Kwanyar Barat 2 bisa menjadi lebih baik kedepannya dan mampu mencetak anak-anak emas harapan bangsa. Untuk anak-anak SDN Kwanyar Barat 2 teruslah belajar dan gapailah mimpi kalian. Untuk seluruh pihak sekolah terimakasi telah memberi kami izin untuk mengajar di SDN Kwanyar Barat 2 selama beberapa hari ini. Untuk para petinggi di luar sana semoga kalian bisa melihat kondisi pendidikan di seluruh pelosok Indonesia. Pengalaman mengajar ini merupakan pengalaman yang sangat luar biasa bagi kami yang memang tidak memiliki latar belakang sebagai seorang pendidik dan menyadarkan kami bahwa peran kami sangat dinantikan untuk memperbaiki pendidikan yang ada di Indonesia.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
  • ()

Label

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.