Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan

Rokat Tasek




Sebagai salah satu tradisi masyarakat di pesisir Madura Rokat Tase’ diadakan setiap setahun sekali untuk keselamatan bersama secara lahir maupun batin masyarakat. Rokat Tase’ merupakan salah satu upacara di masyarakat pesisir agar terhindar dari balak dan dihindarkan dari masa paceklik yang membuat pendapatan masyarakat menurun. Rokat Tase’ juga menjadi wujud puji syukur pada Allah SWT yang telah memberikan rezeki dan sebagai sebuah perwujudan rasa terima kasih karena sudah dihindarkan dari balak.
Sebenarnya, adat istiadat Rokat Tase’ hanya dilakukan oleh sebagian masyarakat yang masih benar-benar masih mempercayai, salah satunya adalah masyarakat Desa Kwanyar Barat. Pelaksana dalam acara Rokat Tase’ yang ada di Desa Kwanyar Barat rata-rata adalah sesepuh desa yang hari dan tanggalnya tidak dipastikan secara tetap. Rokat Tase’ dilaksanakan melihat situasi yang ada. Biasanya, upacara tersebut akan dilakukan tepat ketika ada tanda-tanda yang mengawali peringatan upacara seperti para nelayan sadar bahwa hasil tangkapan sudah mulai berkurang, banyak barang nelayan yang rusak, atau semakin banyak nelayan yang terkena sengatan ikan. Berikut adalah upacara Rokat Tase’ yang sempat dilakukan pada tanggal 18 July 2018 di Desa Kwanyar Barat yang dihadiri oleh seluruh anggota kelompok KKN.   

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
  • ()

Label

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.